Aplikasi Dropbox untuk Mengunggah dan Berbagi File Secara Gratis

Dropbox merupakan layanan file sharing berbasis cloud yang memudahkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi file secara gratis. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang sering berbagi file dengan kawan-kawan anda. Bagi saya, aplikasi ini sering saya gunakan untuk berbagi ebook dan mp3 rekaman kajian.

Dropbox mampu melakukan sinkronisasi secara otomatis pada komputer yang kita gunakan,  sehingga kita tidak perlu mengunjungi website Dropbox untuk mengupload file. Hanya dengan memindahkan file tersebut ke folder sharing, otomatis file tersebut akan terupload ke Dropbox.

Beberapa hal tentang Dropbox:

  • Dapat memberikan direct link, sehingga pengguna dapat mengunduh file secara langsung tanpa harus membuka halaman yang terdapat iklan semisal mediafire, 4shared, ziddu, dll. Juga bisa digunakan sebagai media hosting file.
  • Dapat digunakan pada smartphone semisal Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, Blackberry, dll.
  • Bagi pengguna gratis disediakan space sebesar 2 GB dan bisa ditambah 16 GB.
  • Dapat digunakan sebagai media backup. Jika komputer anda bermasalah yang menyebabkan file di komputer hilang maka file yang tersimpan di folder Dropbox akan tetap aman karena telah terupload di server Dropbox, begitu juga sebaliknya.

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah untuk menggunakan Dropbox.

Pertama,  unduh aplikasi Dropbox di sini dan isikan form sesuai dengan identitas anda.

Kedua, Setelah itu akan muncul halaman untuk mendownload aplikasi yang berukuran 19,2 MB. Setelah itu instal aplikasinya.

Pilih I don’t have a Dropbox account bagi yang belum memiliki akun Dropbox atau I already have a Dropbox account bagi yang telah memiliki akun Dropbox.

Kemudian isi form sesuai identitas anda dan centang Term of Service-nya kemudian klik Next.

Pilih space 2 GB bagi yang memilih akun gratis.

Dan seterusnya sampai aplikasi berhasil diinstal. Setelah apliksi terinstal maka folder Dropbox di komputer anda siap digunakan.

Ketiga, untuk membagikan file yang dapat diunduh oleh semua orang maka pindahkan file tersebut ke folder Public. Untuk mempermudah penggunaan buatlah folder-folder baru sebagai tempat untuk mengelompokkan file sesuai jenisnya (semisal folder khusus video, gambar, suara, aplikasi, dokumen, dll) pada folder Public.

Untuk mendapatkan direct link agar orang lain bisa melakukan direct download, bisa dilakukan dengan dua cara:

1. Melalui PC, pilih file yang ingin dibagikan secara public kemudian klik kanan pilih DropboxCopy pulic link.

2. Melalui website http://dropbox.com, pilih file yang ingin dibagikan secara public kemudian klik kanan pilih Copy public link.

Maka akan muncul tab baru, klik tombol Copy to clipboard (bagi yang ingin meringkas link, pilih shorten link kemudian klik tombol Copy to clipboard).

Tambahan:

Bagi yang ingin menambah space secara gratis ada beberapa cara:

1. Masuk ke halaman Get started dan selesaikan instruksi-instruksi pada halaman tersebut. Setiap instruksi yang telah diselesaikan maka akan mendapatkan bonus space.

2. Dengan mengundang teman-teman anda. Dengan langkah ini anda bisa mendapatkan space gratis sampai 16 GB. Caranya dengan klik tulisan Get free space! di pojok kanan atas atau kunjungi halaman https://www.dropbox.com/getspace kemudian pilih Refers friends to Dropbox.

Pilih metode yang akan digunakan, bisa melalui email, Facebook, Twitter, atau dengan mendapatkan referral link-nya. Setiap teman yang berhasil menginstal, maka anda dan teman anda masing-masing akan mendapatkan bonus space 500 MB.

Bagi yang ingin memindahkan folder sharing Dropbox yang ada di komputer, semisal dari drive C ke drive D. Klik icon Dropbox yang ada di sebelah kanan bawah komputer anda kemudian pilih Preferences…

Maka akan muncul tab baru, pilih menu Advanced klik tombol Move… kemudian pilih lokasi yang diinginkan kemudian OK.

Semoga bermanfaat.
Rizky Tulus
Karanganyar, 1 Maret 2013

3 thoughts on “Aplikasi Dropbox untuk Mengunggah dan Berbagi File Secara Gratis

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini, بارك الله فيك

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s