Fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan Tentang Pluralisme (Persatuan Agama, Kebebasan Beragama, Persamaan Agama)

Pertanyaan:

Jazaakumullaahu khairaa, berkata seorang penanya: Apakah yang dimaksud dengan seruan wihdatul adyan (persatuan agama) dan apakah benar pernyataan bahwa agama Islam adalah gabungan dari Sosialisme & Kristen?

Jawab:

Agama Islam adalah agama Allah ‘Azza wa Jalla,

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali ‘Imran: 19)

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ

“Barangsiapa mencari agama selain Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya.” (QS. Ali ‘Imran: 85)

Dan itulah agama Allah ‘Azza wa Jalla, Syari’atNya kepada hambaNya, dan itulah apa yang telah diturunkan kepada Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, inilah Islam yang merupakan wahyu dari Allah ‘Azza wa Jalla. Syari’at dari Allah, dan bukanlah gabungan dari sistem buatan manusia baik itu Komunisme atau sistem Kapitalis yang kufur, siapa yang berkata demikian maka dia kafir. Hal tersebut menyebabkan murtad dari agama Islam.

Ini sama saja dia menyatakan: Sesungguhnya Islam bukan merupakan agama dari Allah, bukan syari’at dari Allah tetapi hanyalah berasal dari sistem buatan manusia sebagaimana perkataan kaum musyrikin,

وَقَالُوا أَسَاطِيرُ‌ الْأَوَّلِينَ اكْتَتَبَهَا فَهِيَ تُمْلَىٰ عَلَيْهِ بُكْرَ‌ةً وَأَصِيلًا

Dan mereka berkata: “Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlah dongengan itu kepadanya setiap pagi dan petang.” (QS. Al-Furqan: 5)

Dan juga sebagaimana perkataan orang kafir,

إِنْ هَـٰذَا إِلَّا قَوْلُ الْبَشَرِ

“Ini tidak lain hanyalah perkataan manusia.” (QS. Al-Mudatsir: 25)

Dan hal tersebut merupakan kekufuran kepada Allah ‘Azza wa Jalla, na’am. Tidak ada wihdatul adyan, tidak ada persatuan di dalam agama-agama. Tidak ada agama (yang benar) melainkan Islam. Agama yang masih ada dari agama-agama lainnya maka hal itu:

  • Telah dihapuskan (dengan datangnya Islam), seperti agama Yahudi dan Nashrani.
  • Atau agama bathil, seperti watsaniyyah (Hindu, Budha, Konghuchu, dll)

Maka tidak ada agama (yang benar) melainkan agama Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَ‌سُولُ اللَّـهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْ‌ضِ ۖ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ ۖ فَآمِنُوا بِاللَّـهِ وَرَ‌سُولِهِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّـهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Katakanlah: “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Sesembahan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” (QS. Al-A’raf: 158)

Tidak ada agama (yang benar) melainkan agama Islam. Dan tidak ada wihdatul adyan sebagaimana yang mereka katakan. Ini adalah perkataan bathil. Ini bermakna bahwa menyamakan Islam dengan kekafiran. Yaitu bahwa Islam dan Kafir adalah satu. Dan (Islam dengan kafir) itu sama. Sehingga manusia bebas untuk melakukan apapun, hal ini sama saja tidak beragama -wal iyadzu billah-.

Perkataan seperti: Kebebasan beragama (huriyyatul adyan) merupakan kekafiran, tidak ada kebebasan dalam beragama. Tidak ada kecuali Islam yang Allah utus kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ‌ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَ‌ةِ مِنَ الْخَاسِرِ‌ينَ

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali ‘Imran: 85)

Na’am.

Download audio: Fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan Tentang Pluralisme

Diterjemahkan dari http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=27556

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini, بارك الله فيك

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s