Penjelasan Syaikh Abdul Aziz bin Baz -rahimahullaah- Tentang Ucapan “Selamat Pagi” dan “Selamat Sore”

Pertanyaan:

Beberapa saudara kita mencukupkan dengan mengatakan: Selamat pagi (صباح الخير); Selamat sore (مساء الخير). Daripada mengucapkan: Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh. (Yaitu) ucapan salam di dalam Islam.  Maka bagaimana saran tentang hal tersebut?

Jawab:

Na’am, hal tersebut hendaknya tidak dilakukan.  Seharusnya adalah dengan mengucapkan salam: “Assalamu’alaikum”. Hendaknya tidak mengatakan: “Selamat pagi atau selamat sore”, melainkan dengan: “Assalamu’alaikum”. Dan jika dia mengatakan (dengan menambahkan): “Warahmatullah wabarakatuh” maka hal tersebut lebih lengkap dan afdhal. Kemudian setelah (mengucapkan salam), dia bisa mengatakan: “Selamat pagi”; “Semoga Allah memberikanmu pagi yang baik”; “Semoga Allah memberikanmu sore yang baik”; “Bagaimana kabarmu?”; “Bagaimana kabar anak-anakmu?”, “Bagaimana kabar keluargamu?” (ini adalah) sapaan tambahan yang baik.

Akan tetapi jika dia memulai dengan mengatakan: “Assalamu’alaikum” itu yang minimalnya. Dan apabila dia menambahkan: “Warahmatullah wabarakatuh” maka itu yang paling bagus. Dan seperti itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukannya kepada para sahabatnya.

Pada suatu saat masuklah seorang lelaki menemui mereka dan berkata, “Assalamu’alaikum.” Maka beliau berkata, “Sepuluh.” Yaitu sepuluh kebaikan. Kemudian masuklah orang setelahnya kemudian berkata, “Assalamu’alaikum warahmatullaah.” Maka beliau berkata, “Dua puluh.” Yaitu dua puluh kebaikan. Kemudian masuklah yang setelahnya dan berkata, “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.” Maka beliau berkata, “Tiga puluh.” Mendapat tiga puluh kebaikan.

Maka itulah keutamaan berdasarkan sudut pandang ini.

dari http://www.binbaz.org.sa/mat/17636

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini, بارك الله فيك

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s