Fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan Terkait Menampilkan Video dan Foto Kaum Muslimin yang Terluka di Palestina dan Selainnya

Akhir-akhir ini di situs jejaring sosial, saya seringkali menjumpai foto-foto bahkan video terkait pembantaian yang dilakukan oleh tentara Basyar Al-Assad kepada penduduk Sunni di Suriah. Maka dari itu saya menganggap pentingnya menampilkan fatwa dari Syaikh Shalih Al-Fauzanhafizhahullaah– terkait menampilkan video dan foto muslimin yang terluka di Palestina dan sekitarnya.

Pertanyaan:

Dalam beberapa pertemuan ditampilkan luka-luka yang dialami oleh muslimin di Palestina dan yang selainnya. Di situ ditampilkan foto orang yang terluka dan terbunuh. Dan kadang-kadang mereka menampilkannya dalam bentuk video dengan maksud untuk mendorong kaum muslimin supaya menyumbangkan harta mereka kepada saudaranya. Apakah hal tersebut diperkenankan?

Jawab:

Perbuatan tersebut tidak diperbolehkan, tidak diperbolehkan menampilkan foto orang yang terluka. Bagaimanapun, kaum muslimin seharusnya diajak bershadaqah untuk saudaranya. Dan mereka hendaknya diberi tahu bahwa saudaranya dalam keadaan buruk (ditindas) yang mana mereka menjadi seperti itu karena ulah Yahudi. Tanpa harus menampilkan foto-foto dan foto-foto orang yang terluka.

Perbuatan tersebut tidak diperbolehkan karena terkait penggunaan foto (keharaman gambar makhluk hidup -pent) dan juga hal tersebut merupakan bentuk takalluf (membebani diri sendiri) terhadap hal yang Allah Ta’ala tidak perintahkan. Dan perbuatan tersebut juga menyebabkan melemahnya kekuatan kaum muslimin.

Karena jika kalian menampilkan gambar tersebut kepada orang-orang tentang foto-foto kaum muslimin yang telah dimutilasi atau bagian tubuh yang telah terpotong, maka hal seperti itu merupakan bentuk menakut-nakuti kaum muslimin dan menjadikan kaum muslimin gentar terhadap perbuatan musuh-musuh mereka.

Dan seharusnya kaum muslimin tidak menampakkan kelemahannya dan musibah yang menimpanya, serta segala sesuatunya. Sebaliknya, mereka seharusnya menyembunyikan hal-hal tersebut sampai tidak melemahkan kekuatan kaum muslimin.

Dari Muhadharah At-Tauhid Miftaah As-Sa’aadah fii Ad-Dunyaa wal Akhirah, Syaikh Shalih Al-Fauzan. Sebagaimana dalam Kitab Al-Ijaabatu Al-Muhimmah fii Al-Masyaakili Al-Mulimmah (2/105).

Diterjemahkan dari http://alfrasha.maktoob.com/alfrasha80/thread818259/

Silakan tinggalkan komentar Anda di sini, بارك الله فيك

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s